Tuesday, November 20, 2018

KURIKULUM K13

RPP MATERI ANALYTICAL EXPOSITION

BAHASA INGGRIS KELAS XI

TERBARU 2018 ! :)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pembelajaran     : SMAK MARIA MEDIATRIX LANGGUR
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : XI/1
Materi Pokok                : Teks Eksposisi Analitis
Alokasi Waktu              : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran


A.        Kompetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4       Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Menganalisis unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
·   Memahami struktur teks eksposisi analitis
·   Memahami unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
4.4       Teks eksposisi analitis
4.4.1   Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.4.2   Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
·   Menulis kembali teks eksposisi analitik dari kalimat yang tersusun secara acak
·   Menyusun teks eksposisi menyatakan pandangannya tentang satu hal di sekolah, desa, atau kotanya

C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menganalisis unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
·         Memahami struktur teks eksposisi analitis
·         Memahami unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
·         Menemukan dan menyusun kembali teks eksposisi analitik dari kalimat yang tersusun secara acak
·         Membacakan teks-teks eksposisi dengan suara lantang di depan kelas, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·         Membuat teks eksposisi menyatakan pandangannya tentang satu hal di sekolah, desa, atau kotanya

D.        Materi Pembelajaran
·   Fungsi Sosial
Menyatakan pendapat, mempengaruhi, dengan argumentasi analitis
·   Struktur Teks
Dapat mencakup
-   Pendapat/pandangan
-   Argumentasi secara analitis
-   Kesimpulan
·   Unsur Kebahasaan
-   Ungkapan seperti I believe, I think
-   Adverbia first, second, third …
-   Kata sambungTherefor, consequently, based on the arguments
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Isu-isu aktual yang perlu dibahas yang menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

E.        Media Pembelajaran
1.       Media
v  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v  Lembar  penilaian

2.       Alat/Bahan
v  Penggaris, spidol, papan tulis
v  Laptop & infocus

F.         Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
v Mendengar
Pemberian materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
v Mengolah informasi dari materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengertian Teks Eksposisi Analitis dan konteks penggunaannya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2 . Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
v Mendengar
Pemberian materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
v Mengolah informasi dari materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat
v Menjawab pertanyaan tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Unsur-unsur eksposisi dari sebuah kalimat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

3 . Pertemuan Ketiga
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Struktur teks eksposisi analitis dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Struktur teks eksposisi analitis.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Struktur teks eksposisi analitis untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Struktur teks eksposisi analitis.
v Mendengar
Pemberian materi Struktur teks eksposisi analitis oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Struktur teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Struktur teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Struktur teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur teks eksposisi analitis yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Struktur teks eksposisi analitis.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Struktur teks eksposisi analitis yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Struktur teks eksposisi analitis sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
v Mengolah informasi dari materi Struktur teks eksposisi analitis yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur teks eksposisi analitis.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Struktur teks eksposisi analitis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur teks eksposisi analitis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Struktur teks eksposisi analitis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Struktur teks eksposisi analitis
v Menjawab pertanyaan tentang materi Struktur teks eksposisi analitis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Struktur teks eksposisi analitis yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Struktur teks eksposisi analitis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Struktur teks eksposisi analitis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur teks eksposisi analitis yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur teks eksposisi analitis yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Struktur teks eksposisi analitis.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur teks eksposisi analitis.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Struktur teks eksposisi analitis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

4 . Pertemuan Keempat
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
v Mendengar
Pemberian materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
v Mengolah informasi dari materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis
v Menjawab pertanyaan tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

G.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Godaliva Rahayaan
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
    BS : Bekerja Sama
    JJ : Jujur
    TJ : Tanggun Jawab
    DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100          = Sangat Baik
75             = Baik
50             = Cukup
25             = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00            = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00              = Baik (B)
25,01 – 50,00              = Cukup (C)
00,00 –  25,00             = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00            = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00              = Baik (B)
25,01 – 50,00              = Cukup (C)
00,00 –  25,00             = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

Nama yang diamati            : ...
Pengamat                              : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00            = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00              = Baik (B)
25,01 – 50,00              = Cukup (C)
00,00 –  25,00             = Kurang (K)


2.       Penilaian Pengetahuan

Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4
1
Tujuan
Komunikatif
Sangat memahami
5
4
Memahami
4
3
Cukup memahami
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak
memahami
2
1
Tidak memahami
1

2
Keruntutan
Teks
Struktur teks yang digunakan sangat
runtut
5
4
Struktur teks yang digunakan runtut
4
3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
2
Struktur teks yang
digunakan kurang
runtut
Struktur teks yang
digunakan hampir
tidak runtut
2
1
Struktur teks yang
digunakan tidak
runtut
1

3
Pilihan
Kosakata
Sangat variatif dan tepat
5
4
Variatif dan tepat
4
3
Cukup variatif dan tepat
3
2
Kurang variatif dan
tepat
Hampir tidak
variatif dan tepat
2
1
Tidak variatif dan
tepat
1

4
Pilihan Tata
Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa
kurang tepat
Pilihan tata bahasa
hampir tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa
tidak tepat
1



3.       Penilaian Keterampilan

a.       Penilaian Presentasi/Monolog

Nama peserta didik: ________                                                              Kelas: _____

No.
Aspek yang Dinilai
Baik
Kurang baik
1.
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)


2.
Isi presentasi (kedalaman, logika)


3.
Koherensi dan kelancaran berbahasa


4.
Bahasa:



Ucapan



Tata bahasa



Perbendaharaan kata


5.
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)


Skor yang dicapai


Skor maksimum
10
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1


b.       Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja


AKTIVITAS
KRITERIA
TERBATAS
MEMUASKAN
MAHIR
Melakukan Observasi
Tidak jelas pelaksanaannya
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
Semua kegiatan jelas dan terperinci
Role Play
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Simulasi
Fungsi social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
Presentasi
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
Melakukan Monolog
Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar
Kurang lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1

c.        Penilaian Portofolio

Mata Pelajaran                                          : Bahasa Inggris
Alokasi Waktu                                            : 1 Semester
Sampel yang Dikumpulkan     : karangan

Nama Peserta didik : ______________                                                                               Kelas :_________

No
Kompetensi Dasar
Periode
Contoh aspek yang dinilai
Catatan pendidik
Tata bahasa
Perbendaharaan kata
Kelengkapan gagasan
Sistematika
1.
Menulis karangan deskriptif
30/7





10/8





.... dst





2.
Membuat Resensi Buku
1/9





30/9





.... dst







d.       Penilaian Kemampuan Menulis
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4
1
Keaslian
Penulisan
Sangat original
5
4
Original
4
3
Cukup original
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak
original
2
1
Tidak original
1

2
Kesesuaian
isi dengan
judul
Isi sangat sesuai dengan judul
5
4
Isi sesuai dengan judul
4
3
Isi cukup sesuai dengan judul
3
2
Isi kurang sesuai dengan judul
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Isi tidak sesuai dengan judul
1

3
Keruntutan Teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
4
Keruntutan teks tepat
4
3
Keruntutan teks cukup tepat
3
2
Keruntutan teks kurang tepat
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Keruntutan teks tidak tepat
1

4
Pilihan
Kosakata
Pilihan kosakata sangat tepat
5
4
Pilihan kosakata tepat
4
3
Pilihan kosakata cukup tepat
3
2
Pilihan kosakata kurang tepat
Pilihan kosakata hampir tidak tepat
2
1
Pilihan kosakata tidak tepat
1

5
Pilihan tata bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1

6
Penulisan Kosakata
Penulisan kosakata sangat tepat
5
4
Penulisan kosakata tepat
4
3
Penulisan kosakata cukup tepat
3
2
Penulisan kosakata kurang tepat
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
2
1
Penulisan kosakata tidak tepat
1

7
Kerapihan Tulisan
Tulisan rapi dan mudah terbaca
5
4
Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca
4
3
Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca
3
2
Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca
Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca
2
1
Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca
1


e.        Penilaian Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)

No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4
1
Pengucapan (pronounciation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
1

2
Intonasi (intonation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
1

3
Kelancaran (fluency)
Sangat lancar
5
4
Lancar
4
3
Cukup lancar
3
2
Kurang lancar
Sangat tidak lancar
2
1
Tidak lancar
1

4
Ketepatan Makna (accuracy)
Sangat tepat
5
4
Tepat
4
3
Cukup tepat
3
2
Kurang tepat
Hampir tidak tepat
2
1
Tidak tepat
1



Skor Penilaian

No.
Huruf
Rentang angka
1.
Sangat Baik (A)
86-100
2.
Baik (B)
71-85
3.
Cukup (C)
56-70
4.
Kurang (D)
≤ 55





Mengetahui,
Kepala Sekolah




Sr. Dra. Eudonia Orun
NIP:196103022000032001
        Langgur,  9 Juli 2018

    Guru Mata Pelajaran




Persila Welavubun, S. Pd



Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................






No comments:

Post a Comment

RPP MATERI LETTER WRITING BAHASA INGGRIS KELAS XI TERBARU 2018 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN S atuan Pembelajaran ...