KURIKULUM K13
RPP MATERI OPINIONS AND THOUGHTS
BAHASA INGGRIS KELAS XI
TERBARU 2018 !:)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pembelajaran : SMAK MARIA MEDIATRIX LANGGUR
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI/1
Materi Pokok : Teks Interaksi Transaksional;
Informasi Terkait Pendapat dan Pikiran
Alokasi Waktu :
3 Minggu x 3 Jam Pelajaran
A. Kompetensi
Inti
·
KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.2
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I
think, I suppose, in my opinion)
|
· Mengidentifikasi situasi yang memunculkan pernyataan
pendapat dan pikiran
· Menyebutkan situasi yang memunculkan pernyataan pendapat
dan pikiran
· Memahami struktur teks dari pernyataan pendapat dan pikiran
· Memahami unsur kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan pikiran
|
4.2
Menyusun teks interaksi
transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
·
Menyatakan pendapat dan
pikirannya yang sesuai secara tertulis kemudian dibacakan ke kelas
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Mengidentifikasi
situasi yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran
•
Menyebutkan
situasi yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran
•
Memahami
struktur teks dari pernyataan pendapat dan pikiran
•
Memahami
unsur kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan pikiran
•
Menyatakan
pendapat dan pikirannya yang sesuai secara tertulis kemudian dibacakan ke kelas
D. Materi
Pembelajaran
·
Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang
lain.
·
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur Kebahasaan
- Ungkapan menyatakan pendapat I think, I suppose, in my opinion
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Situasi yang memungkinkan munculnya pernyataan tentang
pendapat dan pikiran yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Media
Pembelajaran
1.
Media
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2.
Alat/Bahan
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1 . Pertemuan
Pertama
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Situasi yang memunculkan pernyataan pendapat dan
pikiran
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Situasi yang memunculkan
pernyataan pendapat dan pikiran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Situasi
yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Situasi
yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Situasi yang memunculkan pernyataan
pendapat dan pikiran.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Situasi yang memunculkan pernyataan
pendapat dan pikiran.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Situasi
yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan
Kedua
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Struktur teks dari pernyataan pendapat dan pikiran
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Struktur teks dari
pernyataan pendapat dan pikiran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Struktur
teks dari pernyataan pendapat dan pikiran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur
teks dari pernyataan pendapat dan pikiran yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Struktur teks dari pernyataan pendapat dan
pikiran.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur teks dari pernyataan pendapat dan
pikiran.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Struktur
teks dari pernyataan pendapat dan pikiran kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan
Ketiga
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan
pikiran
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran Unsur kebahasaan dari dari
pernyataan pendapat dan pikiran berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Unsur
kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan pikiran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur
kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan pikiran yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari dari pernyataan
pendapat dan pikiran.
v Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan dari dari pernyataan
pendapat dan pikiran.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Unsur
kebahasaan dari dari pernyataan pendapat dan pikiran kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
G. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Paskalina Sarmudin
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan
dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan
dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
2.
Penilaian
Pengetahuan
Tabel Penilaian
Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat
memahami
|
5
|
4
|
|
Memahami
|
4
|
3
|
|||
Cukup
memahami
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
memahami
|
2
|
1
|
||
Tidak
memahami
|
1
|
||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks
yang digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
|
|
Struktur
teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
|
|||
Struktur
teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
2
|
|||
Struktur teks
yang
digunakan
kurang
runtut
|
Struktur teks
yang
digunakan
hampir
tidak
runtut
|
2
|
1
|
||
Struktur teks
yang
digunakan
tidak
runtut
|
1
|
||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat
variatif dan tepat
|
5
|
4
|
|
Variatif
dan tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup
variatif dan tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang
variatif dan
tepat
|
Hampir tidak
variatif
dan tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak variatif
dan
tepat
|
1
|
||||
4
|
Pilihan
Tata
Bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan tata
bahasa
kurang
tepat
|
Pilihan tata
bahasa
hampir
tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan tata
bahasa
tidak
tepat
|
1
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Penilaian
Presentasi/Monolog
Nama peserta didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang
baik
|
1.
|
Organisasi
presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
||
2.
|
Isi
presentasi (kedalaman, logika)
|
||
3.
|
Koherensi
dan kelancaran berbahasa
|
||
4.
|
Bahasa:
|
||
Ucapan
|
|||
Tata
bahasa
|
|||
Perbendaharaan
kata
|
|||
5.
|
Penyajian
(tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
||
Skor
yang dicapai
|
|||
Skor
maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat
skor 2
Kurang baik
mendapat skor 1
b.
Rubrik untuk
Penilaian Unjuk Kerja
AKTIVITAS
|
KRITERIA
|
||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak
jelas pelaksanaannya
|
Beberapa
kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua
kegiatan jelas dan terperinci
|
Role Play
|
Membaca
script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar
dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi
social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi
social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi
social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
|
Presentasi
|
Tidak
lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
Lancar,
topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
|
Sangat
lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
|
Melakukan
Monolog
|
Membaca
teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
Kurang
lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan
kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1
c.
Penilaian
Portofolio
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Alokasi Waktu : 1
Semester
Sampel yang
Dikumpulkan : karangan
Nama Peserta
didik : ______________ Kelas
:_________
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Periode
|
Contoh
aspek yang dinilai
|
Catatan
pendidik
|
|||
Tata bahasa
|
Perbendaharaan
kata
|
Kelengkapan
gagasan
|
Sistematika
|
||||
1.
|
Menulis
karangan deskriptif
|
30/7
|
|||||
10/8
|
|||||||
....
dst
|
|||||||
2.
|
Membuat
Resensi Buku
|
1/9
|
|||||
30/9
|
|||||||
....
dst
|
d.
Penilaian
Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat
original
|
5
|
4
|
|
Original
|
4
|
3
|
|||
Cukup
original
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
original
|
2
|
1
|
||
Tidak
original
|
1
|
||||
2
|
Kesesuaian
isi
dengan
judul
|
Isi
sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
|
|
Isi
sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||
Isi
cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
|
|||
Isi
kurang sesuai dengan judul
|
Isi hampir
tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Isi
tidak sesuai dengan judul
|
1
|
||||
3
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan
teks sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Keruntutan
teks tepat
|
4
|
3
|
|||
Keruntutan
teks cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Keruntutan
teks kurang tepat
|
Isi hampir
tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Keruntutan
teks tidak tepat
|
1
|
||||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
kosakata kurang tepat
|
Pilihan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
5
|
Pilihan tata bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan
tata bahasa hamper tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
tata bahasa tidak tepat
|
1
|
||||
6
|
Penulisan
Kosakata
|
Penulisan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Penulisan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Penulisan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Penulisan
kosakata kurang tepat
|
Penulisan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Penulisan
kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
7
|
Kerapihan Tulisan
|
Tulisan
rapi dan mudah terbaca
|
5
|
4
|
|
Tulisan
tidak rapi tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan tidak mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan sulit terbaca
|
Tulisan
rapi dan hamper tidak terbaca
|
2
|
1
|
||
Tulisan
tidak rapi dan tidak terbaca
|
1
|
e.
Penilaian
Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Pengucapan
(pronounciation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada
beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu
makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak
kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
1
|
||||
2
|
Intonasi
(intonation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada
beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu
makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak
kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
1
|
||||
3
|
Kelancaran
(fluency)
|
Sangat
lancar
|
5
|
4
|
|
Lancar
|
4
|
3
|
|||
Cukup
lancar
|
3
|
2
|
|||
Kurang
lancar
|
Sangat
tidak lancar
|
2
|
1
|
||
Tidak
lancar
|
1
|
||||
4
|
Ketepatan
Makna (accuracy)
|
Sangat
tepat
|
5
|
4
|
|
Tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup
tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang
tepat
|
Hampir
tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak
tepat
|
1
|
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang angka
|
1.
|
Sangat
Baik (A)
|
86-100
|
2.
|
Baik
(B)
|
71-85
|
3.
|
Cukup
(C)
|
56-70
|
4.
|
Kurang
(D)
|
≤
55
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sr. Dra.
Eudonia Orun
NIP:196103022000032001
|
Langgur, 9 Juli 2018
Guru Mata
Pelajaran
Persila Welavubun,
S. Pd
|
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment