RPP BAHASA INGGRIS KELAS XI
MATERI OFFERS AND SUGGESTIONS
KURIKULUM K13
REVISI TERBARU 2018 ! ;)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pembelajaran : SMAK MARIA MEDIATRIX LANGGUR
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Teks Interaksi Transaksional, Informasi Terkait Saran dan Tawaran
Alokasi Waktu :4 Minggu x 3 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
· KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)
|
· Mengidentifikasi ungkapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
· Mengidentifikasi perbedaan cara pengungkapan dari masing-masing konteks
· Memahami struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
· Memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
|
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Menyusun saran dan tawaran lalu menyampaikannya ke teman kelas
· Menanggapi saran dan tawaran yang diajukan kepadanya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
• Mengidentifikasi perbedaan cara pengungkapan dari masing-masing konteks
• Memahami struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
• Memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
• Menyusun saran dan tawaran lalu menyampaikannya ke teman kelas
• Menanggapi saran dan tawaran yang diajukan kepadanya
D. Materi Pembelajaran
Ø Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Ø Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Ø Unsur Kebahasaan
- Ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can
- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Ø Topik
Situasi yang memungkinkan pemberian saran dan tawaran melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Media Pembelajaran
1. Media
v Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2. Alat/Bahan
v Penggaris, spidol, papan tulis
v Laptop & infocus
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama
| ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
| ||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
| ||||||||||||||
Kegiatan Penutup
| ||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua
| ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
| ||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
| ||||||||||||||
Kegiatan Penutup
| ||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Cara pengungkapan dari masing-masing konteks penggunaan teks interaksi transaksional kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga
| ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
| ||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
| ||||||||||||||
Kegiatan Penutup
| ||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
4 . Pertemuan Keempat
| ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
| ||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
| ||||||||||||||
Kegiatan Penutup
| ||||||||||||||
Peserta didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
G. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
| |||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
| |||||
1
|
Lukas Lobya
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
| |
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
| ||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
| ||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
| |
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
| ||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
| ||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
| ||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
2. Penilaian Pengetahuan
Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
| |
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
4
| |
Memahami
|
4
|
3
| |||
Cukup memahami
|
3
|
2
| |||
Kurang memahami
|
Hampir tidak
memahami
|
2
|
1
| ||
Tidak memahami
|
1
| ||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks yang digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
| |
Struktur teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
| |||
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
2
| |||
Struktur teks yang
digunakan kurang
runtut
|
Struktur teks yang
digunakan hampir
tidak runtut
|
2
|
1
| ||
Struktur teks yang
digunakan tidak
runtut
|
1
| ||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
4
| |
Variatif dan tepat
|
4
|
3
| |||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
2
| |||
Kurang variatif dan
tepat
|
Hampir tidak
variatif dan tepat
|
2
|
1
| ||
Tidak variatif dan
tepat
|
1
| ||||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
| |
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
| |||
Pilihan tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Pilihan tata bahasa
kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa
hampir tidak tepat
|
2
|
1
| ||
Pilihan tata bahasa
tidak tepat
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian Presentasi/Monolog
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang baik
|
1.
|
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
| ||
2.
|
Isi presentasi (kedalaman, logika)
| ||
3.
|
Koherensi dan kelancaran berbahasa
| ||
4.
|
Bahasa:
| ||
Ucapan
| |||
Tata bahasa
| |||
Perbendaharaan kata
| |||
5.
|
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
| ||
Skor yang dicapai
| |||
Skor maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1
b. Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
AKTIVITAS
|
KRITERIA
| ||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
| |
Melakukan Observasi
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua kegiatan jelas dan terperinci
|
Role Play
|
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
|
Presentasi
|
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
|
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
|
Melakukan Monolog
|
Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar
|
Kurang lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1
c. Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Alokasi Waktu : 1 Semester
Sampel yang Dikumpulkan : karangan
Nama Peserta didik : ______________ Kelas :_________
No
|
Kompetensi Dasar
|
Periode
|
Contoh aspek yang dinilai
|
Catatan pendidik
| |||
Tata bahasa
|
Perbendaharaan kata
|
Kelengkapan gagasan
|
Sistematika
| ||||
1.
|
Menulis karangan deskriptif
|
30/7
| |||||
10/8
| |||||||
.... dst
| |||||||
2.
|
Membuat Resensi Buku
|
1/9
| |||||
30/9
| |||||||
.... dst
|
d. Penilaian Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
| |
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat original
|
5
|
4
| |
Original
|
4
|
3
| |||
Cukup original
|
3
|
2
| |||
Kurang memahami
|
Hampir tidak
original
|
2
|
1
| ||
Tidak original
|
1
| ||||
2
|
Kesesuaian
isi dengan
judul
|
Isi sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
| |
Isi sesuai dengan judul
|
4
|
3
| |||
Isi cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
| |||
Isi kurang sesuai dengan judul
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
| ||
Isi tidak sesuai dengan judul
|
1
| ||||
3
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan teks sangat tepat
|
5
|
4
| |
Keruntutan teks tepat
|
4
|
3
| |||
Keruntutan teks cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Keruntutan teks kurang tepat
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
| ||
Keruntutan teks tidak tepat
|
1
| ||||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
| |
Pilihan kosakata tepat
|
4
|
3
| |||
Pilihan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Pilihan kosakata kurang tepat
|
Pilihan kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
| ||
Pilihan kosakata tidak tepat
|
1
| ||||
5
|
Pilihan tata bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
| |
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
| |||
Pilihan tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat
|
2
|
1
| ||
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
| ||||
6
|
Penulisan Kosakata
|
Penulisan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
| |
Penulisan kosakata tepat
|
4
|
3
| |||
Penulisan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Penulisan kosakata kurang tepat
|
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
| ||
Penulisan kosakata tidak tepat
|
1
| ||||
7
|
Kerapihan Tulisan
|
Tulisan rapi dan mudah terbaca
|
5
|
4
| |
Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
| |||
Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca
|
3
|
2
| |||
Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca
|
Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca
|
2
|
1
| ||
Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca
|
1
|
e. Penilaian Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
| |
1
|
Pengucapan (pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
| |
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
| |||
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
| |||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
| ||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
|
1
| ||||
2
|
Intonasi (intonation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
| |
Ada beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
| |||
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
| |||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
| ||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
|
1
| ||||
3
|
Kelancaran (fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
4
| |
Lancar
|
4
|
3
| |||
Cukup lancar
|
3
|
2
| |||
Kurang lancar
|
Sangat tidak lancar
|
2
|
1
| ||
Tidak lancar
|
1
| ||||
4
|
Ketepatan Makna (accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
4
| |
Tepat
|
4
|
3
| |||
Cukup tepat
|
3
|
2
| |||
Kurang tepat
|
Hampir tidak tepat
|
2
|
1
| ||
Tidak tepat
|
1
|
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang angka
|
1.
|
Sangat Baik (A)
|
86-100
|
2.
|
Baik (B)
|
71-85
|
3.
|
Cukup (C)
|
56-70
|
4.
|
Kurang (D)
|
≤ 55
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sr. Dra. Eudonia Orun
NIP:196103022000032001
|
Langgur, 9 Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
Persila Welavubun, S. Pd
|
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment